BEAUTY TIPS

Penyebab dan Cara Menangani Wajah Beruntusan

Apa penyebab wajah beruntusan? Beruntusan ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil kemerahan pada kulit wajah. Kondisi ini bisa pula ditemui di bagian tubuh lain. Dimana beruntusan di wajah sebenarnya merupakan bentuk lain jerawat. Bedanya beruntusan muncul berdekatan, cukup rapat, terkadang berisi cairan bening, yang karena inilah saat digaruk beruntusan lebih mudah menyebar. Sementara keinginan untuk menggaruk itu sudah pasti karena beruntusan disertai dengan rasa gatal apalagi jika jumlahnya cukup banyak.

Kulit wajah yang beruntusan terlihat kurang sehat. Selain itu, beruntusan juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Adapun faktor penyebabnya cukup beragam, diantaranya:

 

Cara Menangani Wajah Beruntusan

Pasca mengetahui faktor-faktor penyebab wajah beruntusan, maka Ladies bisa melakukan pencegahan agar tidak mengalami wajah beruntusan. Lantas, bagaimana jika kulit wajah Ladies sudah terlanjur beruntusan? Tidak ada arti lain kecuali Ladies harus mengobatinya dengan cara alami berikut:

Beruntusan pada wajah biasanya dipicu suhu panas ataupun gigitan serangga. Hal ini memungkinkan terjadinya peradangan, gatal, dan bengkak. Untuk meredakannya Ladies bisa beruntusan secara bertahap dengan menggunakan es batu.

Masukkan es batu ke dalam kantong plastik bersih lalu tutup rapat. Gunakan untuk mengompres kulit wajah beruntusan secara merata. Cara menangani kulit beruntusan ini baik diulangi beberapa kali dalam sehari.

Di dalam lidah biaya terdapat kandungan antijamur, antibakteri, antiinflamasi, dan emolien. Kandungan tersebut berfungsi melembabkan kulit dan sekaligus meredakan gatal serta menghilangkan beruntusan. Ladies hanya perlu menyiapkan ekstrak gel lidah buaya segar yang didapat dari daunnya.

Aplikasikan gel lidah buaya pada kulit wajah yang kemerahan. Biarkan masker lidah buaya mengering. Setelahnya Ladies bisa bilas menggunakan air bersih. Perawatan ini bisa dilakukan sampai 3 kali sehari sampai beruntusan hilang.

Cara lainnya bisa menggunakan minyak zaitun ekstra virgin yang mampu melembabkan kulit. Minyak ini konon memiliki antioksidan dengan kandungan vitamin E tinggi. Karenanya baik untuk mengobati beruntusan.

Siapkan minyak zaitun secukupnya lalu campur dengan madu murni. Gunakan rasio yang sama. Aplikasikan sebagai masker pada wajah, diamkan sampai kering lalu bilas. Cara menangani kulit beruntusan ini bisa dicoba beberapa kali sehari sampai beruntusan hilang. Selamat mencoba Ladies