Talk With Expert

Dari : Putri Mu'arifah

Kak bagaimana cara menghilangkan jerawat yg membandel? Udah pakai skincare ini itu, ada yg dr dokter tp jerawat masih banyak dan merah merah. Masih sering muncul, selain itu pori pori pipi juga besar dan di pori pori nya kayak ada rambut item2. Komedo juga banyak. Selain itu juga sensitif kalo tidak cocok air atau skincare pasti cepet jerawatan lagi. Bekasnya juga merah merah. Mohon bantuannya kak. Makasihhhh banyakk

Cara Menghilangkan Jerawat dan Merawat Kulit Wajah | 2020-09-14

Dijawab oleh : Admin

Hai Putri Mu'arifah, terima kasih atas pertanyaanmu. Jerawat merupakan permasalahan umum yang dapat menimpa atau terjadi pada semua jenis kulit wajah. Secara umum, penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit bercampur dengan bakteri.

Apa itu jerawat?

Jerawat terjadi akibat adanya produksi berlebih minyak (atau sebum) pada kulit wajah yang disebabkan perubahan hormon dalam tubuh, bisa juga disebabkan akibat adanya sel kulit mati berlebih (hiperkeratinisasi) yang menyumbat pori-pori kulit akhirnya minyak tersebut tidak dapat keluar ke permukaan sehingga menyebabkan terjadinya komedo.

Faktor apa yang menjadi pemicu jerawat?

Perubahan hormon serta faktor genetika memiliki peranan yang besar dalam terjadinya jerawat pada wajah, namun selain itu ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan timbulnya jerawat, antara lain:

  1. Tidak membersihkan kulit dengan baik setelah berkeringat
  2. Gaya hidup, seperti mengonsumsi dairy products, karbohidrat, dan makanan pedas berlebihan, serta kebiasaan merokok
  3. Make up dan bahan make up yang mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat
  4. Luka akibat gosokan yang terlalu keras pada kulit
  5. Konsumsi obat-obatan tertentu
  6. Stress

 

Hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi jerawat yang timbul di kulit wajah? Selain menjalani perawatan khusus untuk pengobatan jerawat, kita juga perlu melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Membersihkan kulit wajah secara rutin

Pastikan untuk kita senantiasa membersihkan wajah dua kali sehari secara teratur, terutama saat malam hari pastikan semua sisa make up terhapus sempurna sehingga kotoran dan sisa make up tidak menutupi pori-pori kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat yang lebih parah. Disarankan menggunakan produk pembersih yang tidak terlalu keras dan aman untuk kulit seperti Venus Aqua Facial Wash, sehingga tidak timbul iritasi lebih lanjut pada kulit.

2. Hindari produk skincare dan make up yang jadi pemicu terjadinya jerawat

Sebaiknya kita hindari dahulu produk make up dan juga produk perawatan kulit yang dapat membuat kulit dapat memproduksi minyak berlebih dan juga membuat kulit wajah mudah mengalami iritasi.

3. Kurangi menyentuh wajah saat berjerawat

Ketika kulit wajah kita sedang berjerawat pasti “gatal” rasanya untuk menyentuh jerawat maupun memencetnya. Namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan ya. Selain bisa memperburuk peradangan pada jerawat, bakteri yang ada di tangan bisa saja berpindah tempat dan akhirnya menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan. Untuk meminimalisir efek buruk yang terjadi, pastikan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu jika harus menyentuh jerawat secara langsung.

Dari permasalahan kulit wajah yang kamu alami, kesimpulannya sebagai berikut:

1. Kulit wajah rentan menjadi sensitif saat mengalami masalah seperti jerawat. Penyebabnya bukan karena memiliki jenis kulit wajah yang "sensitif" melainkan akibat kesehatan kulit wajah sedang terganggu.

2. Dalam merawat kulit wajah, pastikan selalu gunakan produk yang kandungannya aman dan pastikan produk perawatan yang digunakannya sudah terdaftar pada website BPOM. Seluruh produk Venus Cosmetic pastinya sdah terdaftar pada website BPOM.

3. Secara umum, pori-pori wajah akan membesar ukurannya jika mengalami penyumbatan. Penyumbatan akibat kotoran, sebum, sisa make up serta sel kulit mati. Untuk mengembalikan ukuran pori-pori wajah menjadi normal hal yang cukup sulit sekali. Makanya menjaga kebersihan kulit wajah merupakan faktor sangat penting yang menentukan kondisi kesehatan dari kulit wajah.