Talk With Expert

Dari : Dewi

Kulit kering, dl sy berminyak. Lalu saat hamil dan skrg ank saya umur 16bln. Kulit saya jadi kering. Apakah rangkaian dr venus, bisa membuat kulit sy jd lembab, dan rangkaian ny ap saja.

Kulit Kering dan Bersisik Saat Hamil? Ternyata Ini Lho Penyebabnya. | 2018-11-23

Dijawab oleh : Admin

Saat masa kehamilan Ladies harus bersiap menghadapi yang namanya perubahan hormon. Perubahan hormon bisa memengaruhi kondisi psikologis termasuk fisik seperti mual dan perubahan kulit. Nah, hormon yang menyebabkan perubahan kulit ini hampir semua wanita hamil mengalaminya. Rata-rata perubahannya seperti kulit kering, 'retak', bersisik hingga mengelupas. Sebenarnya apa sih penyebab kulit kering saat hamil?

1. Kadar Minyak Dalam Tubuh Berkurang


Ketika sedang hamil maka perubahan hormon yang fluktuatif akan terjadi, dimana kadar minyak dan elastisitas tubuh menjadi berkurang. Beberapa wanita akan mengalami perubahan kulit seperti bersisik, jerawat dan kulit kering. Kebanyakan kulit kering atau bersisik terjadi pada bagian tubuh seperti wajah, perut, dan bagian tangan. Sebaiknya Moms mengoleskan minyak zaitun atau body lotion berbahan ke seluruh bagian tubuh yang bersisik atau kering.

2. Dehidrasi


Dehidrasi atau kekurangan cairan ketika masa kehamilan merupakan salah satu penyebab kulit kering dan bersisik. Saat hamil air putih sangat berperan penting untuk kebutuhan cairan bagi ibu hamil dan juga janin. Ketika Sang ibu kekurangan cairan dalam tubuh maka kulit otomatis akan kering. Kalau sudah kering pasti akan mulai berjerawat. Sebaiknya Moms rutin mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari agar kulit tetap lembap dan mencegah dehidrasi.

3. Terpapar sinar matahari


Terlalu banyak beraktivitas di luar rumah saat siang hari sangat tidak dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil. Paparan sinar matahari ultra violet dapat menyebabkan kulit Moms mengering dan timbul ruam-ruam merah. Nah, untuk mecegahnya Moms bisa menggunakan tabir surya untuk melapisi kulit wajah dan tubuh agar tidak terkena paparan sinar matahari lansung. Selain itu saat siang hari moms sebaiknya menggunakan pakaian tertutup dan juga topi agar kulit wajah tidak terkena sinar matahari langsung.

 

Untuk mengatasi perubahan kulit selama masa dan pasca kehamilan, Ladies bisa lakukan hal berikut ini:


1. Pertama cukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minimal ibu minum sebanyak 2 lt per hari. Hal ini selain untuk mencegah kulit kering, juga untuk menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi
2. Perbanyaklah minum sayuran dan buah-buahan. Beberapa makanan yang baik untuk membantu menghindarkan kulit kering adalah alpukat, kacang-kacangan, dan zaitun
3. Ketika mandi, gunakan air hangat tapi jagan sampai terlalu panas, karena hal ini akan menghilangkan minyak alami kulit yang akan membuat kulit kering dan kusam.
4. Hindari penggunaan sabun yang mengandung deodorant, karena akan menghilangkan kelembaban pada kulit
5. Gunakan selalu Venus Body Milk untuk tangan setiap kali sesudah anda mencuci tangan untuk menjaga kelembaban tangan.
6. Untuk daerah-daerah yang rawan kering (siku, lutut, tumit) Ladies bisa menggunakan Venus Body Milk
7. Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF setiap harinya
8. Jika rumah atau kamar tidur menggunakan AC, aktifkan humidifier saat malam hari untuk menambah kelembaban dalam ruangan

Selama kehamilan hindari penggunaan kosmetik dari bahan-bahan zat kimia yang dapat menyerap melalui pori-pori tubuh. Jika tubuh menyerap zat kimia berbahaya tersebut, tentunya hal ini akan berengaruh kepada janin yang sedang dikandung.